Artikel

Tips Memilih Produk Reksa dana yang Sesuai Tujuan Keuangan

produk reksa dana

Produk reksa dana saat ini semakin tumbuh dan berkembang cepat. Apalagi dengan didukung banyak platform aplikasi, semakin banyak dan beragam produk yang ditawarkan.

Meski banyak orang mengatakan semakin banyak pilihan semakin baik untuk memberikan alternatif, tapi  hal ini sering kali justru membuat investor semakin bingung untuk memilihnya. Maka dari itu, tak sedikit investor yang ingin tahu bagaimana tips memilih produk investasi reksa dana yang sesuai dengan tujuan keuangan mereka.

Pasalnya, setiap investor pasti akan memiliki tujuan keuangan yang berbeda. Mereka harus menyesuaikan tujuan tersebut dengan produk investasinya sendiri. Pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan beberapa tips memilih reksa dana yang terbaik. Simak sampai akhir, ya!

4 Tips Pilih Produk Reksa Dana Sesuai Tujuan Keuangan

Jumlah investor dalam reksa dana di Indonesia terus meningkat setiap tahunnya. Hal tersebut disebabkan karena instrumen investasi ini memiliki fleksibiliatas yang lebih tinggi dan tingkat risiko yang lebih terkelola dibandingkan dengan jenis instrumen investasi lainnya.

Namun, bagaimana sebenarnya cara memilih produk reksa dana yang sesuai dengan tujuan keuangan Anda? Berikut ini empat langkah yang dapat membantu Anda dalam memilih reksa dana yang tepat:

1. Kenali Profil Risiko Investasi dengan Baik

Profil risiko investasi sebenarnya dapat dibagi menjadi tiga kategori, yaitu konservatif, moderat, dan agresif. Sebagai investor, penting untuk memahami dulu manakah tingkat toleransi risiko Anda.

Jika Anda tidak suka atau menghindari risiko berarti Anda memiliki profil risiko konservatif. Maka, Anda cenderung memiliki toleransi risiko yang lebih rendah dan memilih produk investasi reksa dana pasar uang atau reksa dana pendapatan tetap. Misalnya, Anda bisa memilih produk reksa dana PNM Dana Tunai, PNM Faaza, PNM Surat Berharga Negara yang bisa dilihat di aplikasi PNM Sijago.

Demikian pula sebaliknya. Bila Anda bisa atau suka menerima risiko, berarti Anda termasuk orang dengan profil risiko agresif. Untuk itu, Anda bisa memilih produk reksa dana saham seperti PNM Saham Unggulan. Dengan tingkat risiko yang lebih tinggi, maka Anda berpeluang mendapatkan tingkat keuntungan (return) yang lebih tinggi dalam jangka panjang.

2. Tentukan Tujuan Keuangan Anda

Setiap individu pasti memiliki tujuan keuangan investasi yang berbeda-beda. Misalnya untuk menikah dalam dua tahun mendatang, mempersiapkan pendidikan anak di masa depan, atau tujuan keuangan lainnya.

Setelah Anda menetapkan tujuan keuangan yang akan menjadi alasan utama berinvestasi, langkah selanjutnya adalah melakukan penilaian berdasarkan tujuan tersebut.

Misalnya, bila Anda memiliki tujuan keuangan untuk menikah dalam dua tahun mendatang Anda sebaiknya memilih produk reksa dana pendapatan tetap. Bila tujuan keuangan Anda lebih panjang seperti pendidikan anak, produk investasi yang bisa dipilih adalah reksa dana saham.

3. Riset Perusahaan Manajer Investasi yang akan Dipilih

Manajer investasi adalah pihak yang bertanggung jawab mengelola portofolio reksa dana dari para nasabahnya. Dalam hal ini, investor perlu melakukan riset menyeluruh terhadap perusahaan manajer investasi yang akan dipilih.

Misalnya, manajer investasi itu memiliki reputasi tinggi seperti pengalaman panjang dalam bisnisnya. Begitu pula, pastikan bahwa perusahaan yang Anda pilih sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Salah satunya adalah PNM Investment Management. Selain terdaftar dan diawasi oleh OJK, manajer investasi ini sudah memiliki pengalaman panjang lebih dari 20 tahun dalam bisnis kelola reksa dana.

4. Periksa Jumlah Dana Kelolaan

Jumlah dana kelolaan mencerminkan nilai pasar dari aset-aset yang dikelola oleh perusahaan manajer investasi. Selain itu, hal tersebut juga bisa menunjukkan reputasi bisnisnya.

Sebelum Anda memutuskan berinvestasi, penting untuk memeriksa dengan teliti jumlah dana kelolaan yang dimiliki oleh perusahaan manajer investasi tersebut.

Hal ini akan membantu Anda dalam memilih produk investasi yang paling sesuai dengan tujuan keuangan Anda.

Nah, itulah empat tips memilih produk reksa dana yang sesuai dengan tujuan keuangan Anda. Dengan Langkah-langkah Ini, Anda akan mendapatkan panduan terbaik dalam investasi serta meminimalkan risiko yang mungkin Anda hadapi.

Ingatlah bahwa pengambilan keputusan investasi yang bijak sangat penting untuk mencapai kesuksesan finansial jangka panjang.

Jika Anda masih merasa bingung dalam memilih produk reksa dana yang sesuai, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan PNM Sijago. Kami siap memberikan saran terbaik berdasarkan tujuan keuangan dan profil risiko Anda.

Related Posts