Artikel

Cara Mengatur Keuangan dengan Gaji UMR – Tips ala film “Home Sweet Loan”

Cara Mengatur Keuangan Gaji UMR

Cara mengatur keuangan gaji UMR merupakan tips yang kalian sobat cerdas cari-cari kan? Nah mungkin kalian bisa mempelajari hal tersebut dari film Home Sweet Loan, yang baru keluar di bioskop tanggal 24 September 2024.

Film Home Sweet Loan menceritakan perjalanan hidup seseorang wanita (Haluna) yang memiliki rumah impian. Namun hanya memiliki penghasilan UMR, atau Upah Minimum Regional. Akhirnya wanita tersebut mencari berbagai macam cara untuk mengumpulkan dana demi mencapai rumah idaman nya.

Pesan dari cerita latar belakang tersebut mungkin sangat berguna untuk banyak orang. Terutama yang ingin mencari cara untuk menabung dan/atau mencara cara mengatur keuangan dengan gaji UMR.

Cara Mengatur Keuangan dengan Gaji UMR

Pada artikel hari ini, kami akan menjelaskan metode-metode yang dapat diterapkan dari film Home Sweet Loan ini untuk mengatur keuangan dengan gaji UMR. Tanpa mengeluarkan spoiler cerita dong pastinya.

1. Menentukan Pendanaan yang Realistis

Yang pertama kalian bisa pelajari dari film ini adalah membuat anggaran yang achivable dan realistis. Pada konteks film ini, wanita pemeran utama ini mencatat semua pengeluaran lalu membagikanya kategori-kategori tertentu. Hal ini termasuk;

  • Kebutuhan pokok (makanan, transportasi, dan tempat tinggal)
  • Tagihan bulanan (listrik, air, pulsa, internet)
  • Tabungan dan investasi
  • Pengeluaran lain-lain (hiburan, sosial, dan kebutuhan tidak terduga)

Cari ini sangat efektif untuk kalian yang ingin mempelajar cara menabung dari gaji UMR dari film ini. Dengan memiliki anggaran yang jelas, kalian bisa memprioritaskan pengeluaran yang penting dan mengurangi pengeluaran yang kurang mendesak.

2. Prioritaskan Kebutuhan daripada Keinginan

Dari film ini juga, kalian bisa menerapkan prioritas kepada pengeluaran untuk kebutuhan melainkan keinginan. Ini merupakan hal yang dipelajari oleh Haluna agar bisa mencapai rumah impiannya.

Prioritaskan pengeluaran untuk kebutuhan pokok seperti makanan, kebutuhan/cicilan tempat tinggal, transportasi, dan tagihan utilitas. Karena semua hal tersebut merupakan hal yang esensial dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Itulah pola piker yang kalian bisa terapi dari film Home Sweet Loan ini.

3. Menerapi ‘Frugal Living’ dan Menghindari Utang

Kalian juga bisa menjalani gaya hidup hemat, atau disebut juga ‘frugal living’. Inilah strategi yang dipraktekan Haluna pada film Home Sweet Loan ini. Contohnya lebih sering jalan kaki melainkan memakai kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Ataupun membawa makan siang dari rumah pakai bekal.

Disamping itu, Haluna juga berusaha untuk menghindari pemakaian kartu kredit untuk hal-hal yang tidak esensial. Karena dia tau bahwa pemakaian kartu kredit secara berlebihan akan menimbulkan bunga dan utang, yang tentunya akan mengacaukan kondisi keuangannya pada masa yang akan datang.

Kedua penerapan tersebutlah yang kalian bisa pelajari dan terapkanya sendiri untuk mengatur keuangan dengan gaji UMR.

4. Mencari Sumber Penghasilan Tambahan

Jika setelah mengelola anggaran dan mengurangi pengeluaran Anda merasa gaji UMR masih belum cukup untuk memenuhi kebutuhan dan menabung, pertimbangkan untuk mencari sumber pendapatan tambahan. Inilah tingkah yang Haluna lakukan dalam upaya untuk mencapai rumah impiannya.

Ada beberapa opsi yang kalian bisa lakukan dalam mencari sumber penghasilan tambahan. Dan inilah yang kalian bisa coba;

  • Freelance: Jika Anda memiliki keterampilan tertentu (menulis, desain grafis, pemrograman, dll.), Anda bisa mencari pekerjaan sampingan secara freelance.
  • Jualan online: Menjual barang-barang yang tidak terpakai atau membuka usaha kecil-kecilan secara online bisa menjadi cara lain untuk menambah penghasilan.
  • Aplikasi penghasil uang: Saat ini, ada banyak aplikasi yang menawarkan peluang untuk mendapatkan uang tambahan, seperti aplikasi survei, cashback, atau platform freelance.

5. Memiliki Tujuan Keuangan yang Jelas dan Konsisten

Inti cerita pada film Home Sweet Loan adalah memiliki tujuan keuangan yang kuat dan jelas. Dimana Haluna akan financial planning, mengelola keuangan sehari-hari, menerapi frugal living, dan mencari penghasilan tambahan demi mendapatkan rumah impiannya.

Inilah merupakan faktor utama dalam mengatur keuangan UMR untuk mencapai tujuan finansial. Karena dengan memiliki tujuan finansial, kalian dapat memiliki semangat dalam merencanakan dan mengelola penghasilan UMR dengan baik dan efektif.

Baca Juga: Tujuan Investasi Reksadana untuk Apa sih? 

Kesimpulan 

Film Home Sweet Loan ini memiliki banyak faktor dan cara yang kalian bisa pelajari dan praktekan dalam mengatur keuangan dengan gaji UMR. Menabung dan mengelola keuangan gaji UMR untuk mencapai rumah impian memang terdengar susah atau bahkan tidak mungkin. Tapi dengan strategi dan motivasi, hal tersebut bisa jadi terjadi.

Kunci utamanya adalah memiliki motivasi kuat dalam mencapai tujuan apapun, membuat anggaran yang teratur, memprioristaskan pengeluaran esensial, dan meminimalisir pengeluaran berlebihan. Mungkin, sebagai tambahan, kalian bisa mulai berinvestasi reksadana di PNM Sijago dong.

Mencapai tujuan keuangan untuk keperluan/idaman tertentu memang butuh proses. Tapi dengan rajin dan konsisten, kalian tentunya bisa mencapai target kalian masing-masing…

Related Posts